Thursday, February 29, 2024
Berita Viral
HomeTips & BocoranPernah Alami Pinjol Sudah Lunas tapi Masih Ada Tagihan? Cek Disini!

Pernah Alami Pinjol Sudah Lunas tapi Masih Ada Tagihan? Cek Disini!

Mendalami mengapa pinjol telah lunas tetapi tetap ada bill yang kerap ditanyakan oleh nasabah. Umumnya sejumlah bill ini adalah salah satunya program utang online (pinjol) yang tidak sah.

Karena, pinjol yang sah tidak bakal ada bill sesudah bayar lunas utang sama sesuai waktu yang ditetapkan.

Lalu mengapa pinjol telah lunas tetapi tetap ada bill? Dalam masalah ini rupanya karena ada ongkos tambahan yang diberi oleh pinjol ilegal.

Karena itu amankan data personal supaya tidak terturut pinjol ilegal yang lain. Anda dapat lakukan sejumlah panduan berikut:

1. Hapus Ijin Program Pinjol

Jika data personal Anda telah disalahpergunakan, Anda dapat hapus data dan cache program HP atau dengan secara langsung meng-uninstall aplikasinya.

Ini bisa menolong kurangi risiko data personal Anda menyebar lebih semakin makin tambah meluas.

Baca Juga : betviva

2. Adukan Pinjol Ilegal Ke OJK

Bila Anda sudah terlilit dalam pinjol ilegal dan data pribadimu ditebarluaskan, seharusnya kamu selekasnya memberikan laporan hal itu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan memberikan laporan ke OJK, karena itu OJK bisa selekasnya ambil perlakuan pada pinjol ilegal itu.

3. Melapor ke Faksi Kepolisian

Bila Anda jadi korban penebaran data pinjol, jangan sangsi untuk membikin laporan ke polisa, ya. Karena, perlakuan itu pada intinya sudah menyalahi hukum. Masukkan beragam bukti yang benar untuk memberikan dukungan laporan supaya kasus dapat segera diatasi.

Tips Menghindar dari Pinjol Ilegal

Ingin bagaimana juga, pinjol ilegal memang seharusnya dijauhi karena akan memunculkan rugi yang lebih besar dari keuntungannya. Agar kamu tidak terperosok, berikut panduan yang dapat diaplikasikan:

1. Mencari Tahu Rekam jejak dan Ijin Pinjol

Saat sebelum ajukan utang online, pastikanlah jika platfrom itu mempunyai rekam jejak yang bagus dan mempunyai ijin yang resmi dari OJK. Cari info lewat pembahasan dan pengalaman seseorang dengan platfrom itu saat sebelum memilih untuk pinjam uang.

2. Telah Atur Privacy Akun

Langkah seterusnya, Anda pun harus pastikanlah jika akun punya Anda penataan privacy yang pas, seperti mengamankan akun atau batasi akses dari pihak lain. Disamping itu, jangan gampang mengambil program pinjol yang tidak sah.

3. Jangan Asal-asalan Memberi Informasi Individu

Waktu ajukan utang online, pastikanlah jika kamu tidak memberi informasi individu yang tidak dibutuhkan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Ini akan beresiko jika service yang Anda gunakan ialah platfrom ilegal.

4. Ketahui Hak dan Kewajiban Sebagai Nasabah

Cari info hak dan kewajiban sebagai nasabah pinjol, seperti berapakah besar bunga yang perlu dibayarkan dan apa resiko bila telat bayar. kamu harus memastikan untuk memahami secara jelas mengenai ini saat sebelum memilih untuk ajukan utang.

5. Pastikan Instansi Keuangan Sudah Tercatat

Serupa sama dalam poin pertama barusan, Anda harus pastikan sudah ajukan utang dari instansi keuangan yang tercatat dan mempunyai ijin dari OJK. Ini bisa menolong kurangi dampak negatif utang ilegal yang menebarkan data personal.

6. Jangan Tertarik dengan Penawaran Tidak Masuk Akal

Jangan gampang tertarik dengan penawaran utang yang tidak logis, seperti bunga yang rendah atau proses pengajuan yang cepat sekali. Lebih bagus gunakan program pinjol yang sah dan pantas walau mempunyai bunga yang sedikit besar, ini akan memberi keamanan lebih dari privacy data Anda.

Artikel lain : Ingin Dapat Penghasilan Melalui Reksa Dana? Simak Disini!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments